Monday, September 21, 2015

Rahasia sukses mendapatkan beasiswa Korea, KGSP

Banyak jalan menuju Roma, wejangan tersebut biasa dipakai untuk memberikan semangat kepada siapa saja yang sedang ingin mencapai sebuah tujuan agar tercapai dan terbukti memberikan energy positif untuk membangkitkan semangat .

Banyak jalan menuju Korea, wejangan tersebut  yang kali ini akan saya sampaikan dalam tulisan saya kali ini heehe. Iya memang benar banyak sekali jalan menuju Korea salah satu nya melalui program yang sedang diadakan oleh pemerintah Republik Korea Selatan yaitu KGSP (Korean government Scholarship Program). Program Beasiswa ini banyak diminati oleh Teman-Teman setiap tahunnya dan tentunya saya sebagai salah satu tim seleksi KGSP ini merasakan jumlah yang terus meningkat setiap tahun nya.

“saya sangat tertarik pada program ini, karena saya selalu bermimpi saya mau banget kuliah di luar negeri”

Sedikit mewawancarai , kata-kata tersebut adalah salah satu alasan yang dilontarkan dari Teman-Teman yang datang kepada saya untuk menyerahkan dokumen KGSP. Sebagian besar yang datang kepada saya merupakan Teman-Teman yang memang sungguh punya mimpi yang besar, salute.


Kali ini saya akan membeberkan rahasia sukses agar dapat diterima dalam program KGSP ini, yuk disimak ya :

    1.      Dokumen


Salah satu yang paling mendukung agar dapat ‘dilirik’ oleh tim seleksi  adalah dokumen, dokumen yang lengkap dan dokumen yang rapi akan menjadi nilai tambah tersendiri. Tipsnya agar dokumennya “menarik” ialah : 
  •  Gunakan kertas A4 HVS 80 gram, penggunaan kertas  dengan spesifikasi tsb sangat penting dalam proses seleksi dokumen  dan usahakan semua dokumen yang ber-kertas selain kertas yang saya sebutkan diatas supaya dapat di convert menjadi kertas A4 HVS 80 gram.
  • Urutan/ Susunan Dokumen, urutkan dokumen sesuai dengan urutan yang benar, usahakan pada saat  penyerahan dokumen di loket penerimaan , dokumen telah tersusun dengan baik dengan format yang tersedia, dengan membawa 1 dokumen original dan 3 dokumen kopi yang dimasukan dalam amplop terpisah. Cara mudahnya adalah mengurutkan dokumen sesuai dengan Checklist (Submission of Document) yang terdapat di halaman depan dokumen aplikasih KGSP

Gambar 1



  •  Surat Rekomendasi yang ter-sealed, dimaksudkan demikian ialah agar kerahasiaannya tetap terjaga dan tidak ada rekayasa sama sekali dalam penulisannya, usahakan recommender  setelah mengisi Recommendation Letter  form agar segera memfotokopi menjadi 3, lalu memasukan semuanya (kopi) dalam 1 amplop, sementara yang asli pisahkan amplopnya, jadi total ada 4 rangkap dokumen (1 asli dan 3 kopi ) dan semuanya harus dimasukan dalam amplop yang ber-sealed dan jangan lupa untuk memberikan cap institusi.

    2.      Nilai Akademik 


Nilai akademik yang dimaksud disini adalah nilai yang tertera pada ijazah alias nilai ujian nasional (UN), sangat mempengaruhi sebab nilai tersebut menjadi salah satu tolak ukur academic skill of applicant.

   3.     Language Proficiency  


Sepele namun cukup "sakti", saya katakan demikian karena sebagian dari Teman-Teman yang mendaftar program KGSP ini kebanyakan tidak mau ambil pusing tentang tersedianya dokumen ini dalam kelengkapan dokumen yang diserahkan, mengingat progam KSGP tidak mewajibkan Teman-Teman untuk melengkapi dokumen tsb (optional), padahal dokumen ini seperti yang saya ungkapkan sebelumnya (cukup sakti). Jenis English proficiency test yang kita minta disini adalah TOEFL dengan score 500 atau bisa melampirkan Jenis proficiency test yang lain tentu dengan score yang selevel dengan TOEFL  500.


Gambar 2


Lalu Korean proficiency test yaitu TOPIK , yang diminta disini ialah minimal TOPIK level 1-2 apabila Teman-Teman sudah mempunyai sertifikat TOPIK level 5 atau lebih maka Teman-Teman akan dibebaskan dari kuliah bahasa selama kurang lebih 1 tahun sebelum masuk fakultas, apabila lolos kualifikasi KGSP nanti.

Sedikit tentang TOPIK, mungkin Teman-Teman disini masih bingung dimana bisa mendapatkan sertifikat TOPIK.
Test TOPIK diadakan di 3 kota besar ; Jakarta, Yogyakarta dan Bali

Jadwal pendaftaran test TOPIK :

        Pendaftaran
-          Tanggal    
-          Lokasi      
-          Biaya       

Pelaksanaan
-          Pelaksanaan test 
-          Waktu 
-          Lokasi Pelaksanaan      
Sayangnya pendaftaran untuk test TOPIK sudah tutup bulan Juli lalu, namun tidak usah berkecil hati karena test TOPIK membuka pendaftaran setiap tahun. Teman-Teman bisa mendapatkan informasi lebih lanjut di nomor yang tertera diatas.Persyaratan ini menjadi optional adalah karena Teman-Teman akan menjalani program bahasa Korea terlebih dahulu dan Teman-Teman diharuskan untuk bisa mencapai level 3 setelah menyelesaikan program bahasa Korea apabila Teman-Teman tidak dapat mencapai target Teman-Teman akan diberikan tambahan waktu 6 bulan.

  Baca juga Syarat ikutan KGSP

4 . Sertifikat penghargaan


Sertifikat penghargaan mungkin juga menjadi yang disepelekan oleh pelamar, padahal dokumen tersebut penting adanya dalam proses seleksi KGSP. 

5. Pemberi Rekomendasi 


Sebetulnya hal ini tidak selalu benar adanya tetapi beberapa kasus menunjukan bahwa hal tersebut memang ada. Semakin besar sebuah institusi/ perorangan yang memberikan rekomendasi semakin besar pula chance untuk dapat diterima dalam program ini.

6. Berijazah


Hal ini khususnya bagi Teman-Teman yang berniat mengikuti program KGSP for Undergraduate. Pihak panitia seleksi menganjurkan untuk melengkapi dokumen KGSP dengan terselip ijazah didalamnya, hal ini dikarenakan pengalaman tim yang pernah memberikan kouta  penerima beasiswa KGSP for undergraduate yang belum mempunyai ijazah SMU, hasilnya yang bersangkutan harus kembali lagi ke Indonesia ditengah term yang sedang berlangsung guna menghadiri Ujian Nasional, juga mengingat biaya penerbangan Korea-Indonesia itu tidak murah. 

7. Wawancara Test 


Fase yang diadakan disekitar 2-3 minggu setelah penutupan program KGSP ini bisa merupakan salah satu yang menentukan, juga test wawancara diadakan setelah test adminstratif (dokumen), artinya Teman-Teman bisa menjalani test wawancara apabila Teman-Teman telah lolos diseleksi adminstratif (dokumen). Pastikan bahwa Teman-Teman datang tepat waktu sesuai jadwal yang telah diberikan oleh pihak tim panitia seleksi dihari sebelumnya. Yang menginterview nanti biasanya berasal dari Kementerian Pendidikan Indonesia maupun Korea dan Diplomat Pendidikan yang terkait dalam program ini, wawancara menggunakan bahasa Inggris dan yang perlu diingat dalam menjalani test wawancara.

8. Test Kesehatan 


Teman-Teman akan diminta untuk melakukan test kesehatan dengan form yang tersedia dalam formulir pendafrtan (form 8) setelah Teman-Teman dinyatakan lolos dalam seleksi wawancara dan bisa dibilang 95% Teman-Teman telah lolos kualifikasi program ini, lalu yang 5% nya bagaimana? Saya akan jelaskan dibawah. 

Sebagai catatan kecil dan rahasia dapur tim panitia seleksi, setelah menjalani berbagai macam proses maupun seleksi, tim akan mengirimkan rekomendasinya (kandidat yang lolos) kepada pihak NIIED di Korea berupa dokumen asli Teman-Teman, itu sebabnya saya merekomendasikan agar dokumen Teman-Teman diberikan dengan sesuai format. Biasanya tim mengirimkan rekomendasi lebih dari kuota yang dijatahkan, sebagai contoh tim akan  mengirimkan 4 sampai 5 rekomendasi dari total kuota yang dijatahkan yaitu 3 orang saja, artinya kelebihan rekomendasi tersebut akan menjadi kandidat cadangan, namun tetap sisa kuota cadangan tersebut wajib mengikuti proses seleksi seperti kandidat lainnya termasuk menjalani test kesehatan. 

Nah itu dia, beberapa tips dan trik agar dokumen aplikasi KGSP Teman-Teman dapat “dilirik” oleh tim panitia KGSP, cukup mudah bukan, oiya 1 hal yang terpenting sebelum Teman-Teman menyerahkan dokumen aplikasi kepada pihak Kedutaan Besar Republik Korea lengkapi persyaratan dokumen KGSP terlebih dahulu ya dan jangan lupa untuk berdoa. Good luck ^^


Joseph




177 comments:

  1. Kak, saya ingin bertanya mengenai legalisir dokumen yang sudah diterjemahkan. Apakah harus dilegalisir di lembar asli dari penerjemah, atau bisa di copy dulu baru dilegalisir?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita bisa terima yang kopi leglisir kok, hal yang terpenting itu adalah dokumen sudah diterjemahkan dan ada legalisasinya

      Delete
    2. Yulia N mau tanya buat penerjemah dokumen buasanya ke mana ya ? Di daerah saya masih susah info penerjemah. Tolong bantuanya terimakasih

      Delete
    3. Yulia N mau tanya buat penerjemah dokumen itu dimna biasanya di daerah saya nsh kuang info tentang penerjemah. Mohon bantuanya

      Delete
  2. Baiklah. Terima kasih kak atas jawabannya. :)

    ReplyDelete
  3. Permisi saya juga mau nanya. Kalo misalkan kita punya kaya rapot dari lembaga ef gitu, rapot efnya itu memang program dari sekolah karena kelas bilingual kira-kira boleh juga gak dilampirin? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud rapor EF?
      jadi rapor sekolahnya pake rapor dari EF?

      Delete
  4. kak, untuk graduation sertificate/ijazah, yang ditranslate apa halaman depan yang menyatakan kita lulus atau sekalian halaman belakang yang juga menyatakan nilai kita? saya translate hanya halaman depan karena saya pikir yang dibutuhkan hanya sertifikat yang menyatakan bahwa kita sudah menamatkan high school

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dokumen yang berbahasa Indonesia harus di terjemahkan.

      Delete
  5. bukan. jadi untuk kelas bilingual itu ada pelajaran tambahan dengan native speaker, nah setiap pembagian rapor siswa bilingual dapet juga rapor dari pihak nativenya yang berlembaga di ef gitu.. kira-kira itu bisa kita lampirin juga gak ya? isinya itu lebih ke kemampuan berbahasa inggris kita.

    saya mau nanya juga nih, kalo untuk akte lahir ijazah dan surat keterangan hasil ujian nasional harus di terjemah ya? dan yang dicap kecamatan itu akte atau apa? tks. ditunggu balasannya, lagi mempersiapkan berkas2nya nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampiri aja gak apa2 ..
      Yang penting dokumen itu bukan dokumen pengganti rapor /sertifikat language proficiency

      Segala jenis dokumen yang di terbitkan dari kecamatan ex : kk, akta dll bisa di legalisir di kecamatan.

      Delete
    2. Mau bertanya, apa bisa dokumen dokumen kk, akta, dll di legalisir selain di notaris?
      Lalu dokumen seperti ijazah dan transkrip nilai perlu di legalisir juga?

      Delete
    3. Mau nanya kak.. Kalo akta lahir ,ktp itu harus diterjemahin ke bahasa inggris? Harus di legalisir kelurahan juga?

      Delete
  6. kak di iajazahkan nggk ada nilai ujian nasional, adanya di SKHU..nah ini gimana? dilampirkan semuanya?

    ReplyDelete
  7. Kak saya mau tanya kalau amplop surat rekomendasi nya hanya ada ttd pemberi rekomendasi tidak ada cap instansi boleh tidak ya kak? Terima kasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya kak saya mau tanya lagi, rapot saya per semester itu ada 2 lembar. Lembar pertama berisi nilai semua pelajaran. Dan lembar ke2 hanya berisi organisasi & ket. Jumlah absensi.
      Apa boleh kak kalau saya hanya melampirkan lembar yang pertama?

      Delete
    2. Iya lembar pertama isi nilai aja yang dilampirin

      Delete
    3. Iya lembar pertama isi nilai aja yang dilampirin

      Delete
  8. surat rekomendasi itu gapapa kan satu aja gak harus dua surat? sama kalo akta lahir aja yang dilampirin gmn apa kk juga dilampirkan, semuanya ditranslate (akta, kk, dll)?

    language proficiency itu yang kaya gimana min...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih dari 1 surat rekomendasi yang dikasih bisa jadi bahan penilain/pembanding tim terhadap skil akademis Teman-Teman.

      saya ulang, dokumen yang berbahasa Indonesia harus di terjemahkan.
      KK dan akta lebih bagus

      language proficiency = toefl, topik
      sudah dibahas diatas

      Delete
  9. kak mau tanya, kalo cap sama ttd surat rekomendasi nya bukan di amplop tapi di suratnya gimana?

    ReplyDelete
  10. Kak mau nanya..
    pengumannya biasanya via apa buat yg lolos seleksj tahap 1? Apa kita bakal digantung (?) Kalo nggak keterima atau ada pemberitahuan juga?
    terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. final resultnya bisa di askes ke www.studyinkore.go.kr ^^

      Delete
  11. Kak mau tanya dong biasanya pengumuman yg lolos interview untuk lanjut dokumennya dikirim ke NIIED kapan? dan pengumumannya lewat apa?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      biasanya setelah 2-3 minggu interview baru ada pengumumuan dan itu ditelpon langsung / via email

      Delete
  12. kak mau tanya bisanya pengumuman yang lolos seleksi wawancara berapa lama? biasanya dihubungi lewat apa?

    terima kasih

    ReplyDelete
  13. Hi Joseph,


    Thank God saya ketemu blog kamu pas lagi2 nyari2 info soal beasiswa KGSP ini. Saya berencana daftar buat intake 2017, jadi daftarnya tahun depan 2016. Biasanya pembukaan ini diinfo dimana ya? Dari socmed macam Facebook kah?
    Lalu kalau saya lihat2 dari info kamu di atas, tahap awal seleksi benar2 screening based on documents ya, yg berarti dokumen benar2 harus OK baru bisa ditawarin interview. Yg saya ingin tanyakan, apakah benar2 hanya 5 orang dari 350 pendaftar yg dokumennya rapi dan lengkap?
    Lalu, mengenai dokumen2 yg perlu 3 rangkap dan 1 original, maksudnya original bagaimana ya, kalau saya kasih KK/KTP asli ga mungkin juga kan secara ga dibalikin lagi ke kita.
    Mohon infonya ya. Thanks in advance. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya

      info pembukaan nya bisa di akses ke www.studyinkorea.go.kr - notice

      dokumen rapi sebetulnya memudahkan para petugas kita untuk memeriksa ratusan dokumen tsb, untuk kouta 5 orang itu tergantung term shcolarshipnya

      dokumen original = kopi + legalisir
      dokumen copy = (kopi + legalisir) di foto kopi

      semoga jelas ^^

      Delete
  14. mau tanya.. mohon jawabannya.. aku udah D3 jurusan broadcast dan S1 jurusan komunikasi, nah untuk melanjutkan S2nya dikorea, aku harus ambil/pilih S1 broadcast atau tetap lanjut S2 broadcast?? karena di indonesia blum ada S1 broadcast kemarin-kemarin, jadi aku ambil S1 komunikasi setelah D3 broadcast ku selesai.. mohon infonya~~

    oiya, untuk beasiswa itu tidak dianjurkan yang baru lulus SMA kan? lulusan seperti aku masih bisa bukan?? Terima kasih bnyak~~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya

      kalo memilih yang mana jurusan yang mau diambil itu tergantung kamu, jadi selama jurusan itu tersedia dikampus yang ikutan KGSP yang bebas ambil tapii harus sesuai dengan jenjangnya misalnya dari D3 ke s1 , gak bisa yang D3 ke s2

      Delete
  15. oiya, mau tanya lagi.. selain kirim dokumen2 yang sudah diharuskan dipersyaratan, apa boleh melampirkan portofolio atau showreel kita?? dengan bentuk DVD ataupun lainnynya?

    ReplyDelete
  16. Maaf mau tanya kalo misalnya ngisi form, study plan, self introduction itu.. di print komputer ato tulis tangan ya? soalnya instruksinya cuma di tulis pake tinta hitam ajah. sy rencana mau apply utk awal thn depan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak, dokumen asli itu yg bukan foto copyan kan? Kalo dimanta lampirin ijazah, ijazah asli kita yg dikasih?

      Delete
    2. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya

      di print lebih baik

      Delete
  17. Kak. Dokumen aplikasinya itu kan ada janji NIIED itu maksudnya kayak gimana? Aku gk ngerti 😓

    ReplyDelete
  18. Berarti kalau daftar beasiswa ini harus ke Korea langsung ya? Ga bisa online? Ntar tiba2 ke Korea trus ga lolos kan rugi -_-

    ReplyDelete
  19. kak. mau tanya nih sertifikat penghargaan itu harus yg biasa ikut lomba-lomba gitu ato ga? atau boleh pakai sertifikat job volunteer sama kursus seperti kursus baking misalnya. thankyou ya sebelumnya.. :)

    ReplyDelete
  20. kak, buat kgsp 2016 memang gak ada additional quotas dari niied atau penggantian posisi bagi aplicant negara lain yg gak ngambil? thanks kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak ada masing2 negara sudah punya jatah kouta masing2

      Delete
  21. Kak Joseph, maaf saya mau tanya. maaf kalau banyak, kak..

    1. untuk recommendation letter itu kan 3 copy nya dimasukkan dalam satu amplop sedangkan yang asli di amplop lain. bagaimana dengan dokumen lainnya? 3 rangkap dokumen fotokopi harus dimasukkan dalam satu amplop juga atau di tiga amplop terpisah?
    2. sertifikat TOEFL yang institutional dapat diterima tidak kak? atau harus yang international?
    3. dokumen yang harus ditranslate ke bahasa inggris, harus kita cantumkan juga yang versi bahasa indonesianya (Asli) juga tidak kak? atau cukup yang sudah ditranslate saja?
    4. maksimal sertifikat penghargaan yang bisa dikirim berapa banyak kak?

    terima kasih kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya

      yang penting di amplopnya di beri keterangan isinya apa aja biar mudah sortirnya

      toefl bisa apa aja

      boleh dilampirkan 22nya

      bebas

      Delete
  22. kk mf mau tyk, soal surat rekomendasi itu hrus ada ya?biasanya surat rekomendasi dari mana yang menjadi acuan?? trus klu misalnya skor tofel tdk terlalu memadai tetapi topiknya level 3 itu bisa ga?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya
      KGSP sudah dibuka pendaftaranya cek disini http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardArticle.do

      rekomendasi wajib ada
      topik 3 itu sudah bagus

      Delete
  23. Halo kak, utk surat rekomendasi ini harus ditulis dlm bahasa inggris oleh pemberi rekomendasi atau diterjemahkan oleh pihak kedubes ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya
      KGSP Undergraduate sudah dibuka pendaftaranya cek disini http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardArticle.do

      bahasa inggris saja

      Delete
  24. Halo, salam kenal. Saya sedang mencari informasi untuk lanjut S2 via program ini. Saya masih kurang jelas mengenai beberapa hal:
    1. Untuk dokumen yang dimasukkan dalam amplop terpisah. Apakah maksudnya dokumen asli dalam 1 amplop lalu dokumen yang dicopy 1 amplop juga? Atau dokumen asli 1 amplop lalu dokumen yang dicopy dimasukkan ke dalam 3 amplop?

    2. Ijazah dan transkrip nilai saya sudah bilingual, jadi tidak perlu ditranslate kan?

    3. Legalisir akta lahir, kk, dsb apakah dapat dilakukan di penerjemah tersumpah? Atau harus ke kelurahan?

    4. Apakah saat mengurus visa perlu menunjukkan rekening koran orangtua meskipun melalui KGSP? (Saya sudah membaca artikel memgenai visa dari blog ini, tp masih belum jelas mengenai ini).

    5. Saya sedang melihat waktu pendaftaran melalui website studyinkorea, namun sampai saya menulis komen ini masih belum ada pengumumannya. Apakah ini berarti KGSP tahun ini hanya terbuka untuk program S1?

    Sekian pertanyaan saya kali ini. Thank you in advance.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya
      KGSP Undergraduate sudah dibuka pendaftaranya cek disini http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardArticle.do

      1. dokumen asli 1 amplop lalu dokumen yang dicopy dimasukkan ke dalam 3 amplop

      2. tidak perlu

      3. tersumpah lebih baik

      4. kalo peserta kgsp yang sudah lulus tidak perlu ada rek tab

      Delete
  25. kak, mau tanya soal dokumen legalisir. legalisisr yang dipakai itu yg prosesnya melalui cap notaris, kemenkumham, kemenlu, sama kedubes ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya
      KGSP Undergraduate sudah dibuka pendaftaranya cek disini http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardArticle.do

      notaris cukup

      Delete
  26. kak mau tanya. kan kalo dokumen asli buat ijazah yang dilampirkan itu yang dilegalisir. legalisir yang dimaksud itu cukup dari sekolah atau legalisir yang melalui proses cap notaris, kemenkumham, kemenlu, dan kedubes kak? terima kasih.

    ReplyDelete
  27. Makasih infonya, tapi mau tanya sedikit. Kalau pelamar statusnya sedang berkuliah di salah satu perguruan tinggi di Indonesia, tapi tetap mau mencoba beasiswanya apakah bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya
      KGSP Undergraduate sudah dibuka pendaftaranya cek disini http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardArticle.do

      bisa, untuk program s1 ya tapi

      Delete
  28. Terima kasih infonya, tapi mau tanya. Kalau pelamar statusnya sedang berkuliah di salah satu perguruan tinggi di Indonesia, bolehkah ikut beasiswanya?

    ReplyDelete
  29. Kak, mau tanya dong kalo aku kan rencananya mau ikutan KGSP 2016 tapi aku jg udah daftar + jadi mahasiswi resmi slh 1 univ swasta di indonesia u/ cadangan klo anit2 gk diterima. Klo kasusny kayak gini, msh bisa apply gak? Trus u/ transkrip nilai/surat rekomendasi itu dari sekolah waktu SMA atau kampus? Makasih ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya
      KGSP Undergraduate sudah dibuka pendaftaranya cek disini http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardArticle.do

      bisa, silahkan lengkapi syarat nya ya ^^
      rekomendasi nilai dari SMA

      Delete
  30. Mau bertanya..
    di salah satu requirement kgsp ada proof of citizenship itu apakah ktp atau apa ya?
    terimakasih infromasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya
      KGSP Undergraduate sudah dibuka pendaftaranya cek disini

      http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardArticle.do

      KTP, paspor, kk bisa kok

      Delete
  31. Blog yang sangat menarik :)
    Sangat membantu ka..
    Ada beberapa hal yg masih membingungkan ka.
    Utamanya tentang sertificate of English Proficiency Test kka,
    Saya punya nilaI IELTS, Apa sertifikat tsb harus dikirim yg asli atau boleh hanya d fotocopy?
    Persyaratan nya original copy ka, namun dari pihak penyelenggara ielts, tidak d perkenan kan untuk melegalisir, hanya boleh mengirim salinan copy langsung dari penyelenggara ke institusi yg meminta. Masalahnya, Jika d kirim langsung k kedubes, syarat tersebut akan terpisah dengan syarat aplikasi saya yang lain ka.
    Mohon penjelasan nya..

    Terimakasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya
      KGSP Undergraduate sudah dibuka pendaftaranya cek disini

      http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardArticle.do

      copy gpp kok

      Delete
  32. Kalo kelulusan matrikulasi bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya
      KGSP Undergraduate sudah dibuka pendaftaranya cek disini

      http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardArticle.do

      ijasahnya setara apa?

      Delete
  33. Misi kak mau nanya, untuk program tahun ini, pendaftarannya dimulai dari bulan apa ya? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya
      KGSP Undergraduate sudah dibuka pendaftaranya cek disini

      http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardArticle.do

      Delete
  34. Sore Kak, saya mau tanya untuk deadline kan tiap embassy itu berbeda.
    Nah kalo di Indonesia, untuk KGSP program graduate untuk ambil master di 2016 apakah benar april ini?

    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya
      KGSP Undergraduate sudah dibuka pendaftaranya cek disini

      http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardArticle.do

      kalo graduate, sekitar bulan april kalo saya gak salah ya

      Delete
  35. Kak, aku mau nanya itu sistem pendaftarannya gimna ya? Aku cari untuk tahun 2016 pendaftaran sudah ditutup, aku lulusan tahun 2016. Jd apa aku ikut pendaftaran tahun dpn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya
      KGSP Undergraduate sudah dibuka pendaftaranya cek disini

      http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardArticle.do

      silahkan dibaca di situ

      Delete
  36. Kak, aku mau nanya itu sistem pendaftarannya gimna ya? Aku cari untuk tahun 2016 pendaftaran sudah ditutup, aku lulusan tahun 2016. Jd apa aku ikut pendaftaran tahun dpn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya
      KGSP Undergraduate sudah dibuka pendaftaranya cek disini

      http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardArticle.do

      Delete
  37. Kak klu buat anak sma yg lulusan tahun 2016 itu pendaftarannya ending bulan tahun 2016 atau tahun dpn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya
      KGSP Undergraduate sudah dibuka pendaftaranya cek disini

      http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardArticle.do

      Delete
  38. Maaf mas saya ingin bertanya, jika saya ingin mengambil S2 dengan beasiswa KGSP untuk surat rekomendasi itu lebih baik dari Universitas tempat kita belajar dulu atau dari surat rekomendasi dari tempat kita bekerja ya??
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya

      karena program beasiswa itu yang dilihat adalah skil akademis saya saran kan untuk meminta dari sekolah/kampus

      Delete
  39. Halo kak Joseph! Saya mau bertanya beberapa hal berikut ya kak:

    1. Saya mengikuti banyak kegiatan volunteering. Tetapi dr kegiatan2 tersebut saya tidak ada sertifikat keikutsertaan/semacamnya. Tetapi saya punya tabel yang berisi banyak jam, jenis kegiatan, tempat, dan tanda tangan orang yang bertanggung jawab di tempat saya bervolunteer. Dapat kah tabel tersebut saya masukkan ke dalam aplikasi kak?

    2. Kalau saya punya sertifikat bahasa asing selain korea dan inggris, bisakah saya melampirkannya? apakah itu akan menjadi bahan pertimbangan kak?

    Terima kasih banyak ya kak!! Semoga kakak bisa menjawabnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya

      1. sertakan saja tidak apa2
      2. kalo sertifikasi bahasa korea yang di lihat itu cuma topik
      kalo inggris toefl atau sejenisnya bisa

      Delete
  40. Permisi kak mau tanya kalau di daerah saya tidak ada penerjemah yg disumpah, apakah saya bisa ganti fotokopi KTP dengan passport? trima kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya

      bisa kok, kalo ktp legalisasi di kecamatan aja

      Delete
  41. Kak,kalo test toefl nya itu perbedaan topik 1,2 bedanya apa? Kalo g punya test toefl nya gpp kak?
    Untuk sertifikat penghargaan diwaktu jenjang apa? Sd, smp, sma?
    Yang dimaksud pemberi rekomendasi itu apa?
    Teeima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya

      topik dan toefl itu optional kok
      kalo ada rekomendasi prestasi lampirkan saja

      Delete
  42. mau tanya kak,, ini info lengkapnya untuk beasiswa ini bisa diakses di mana ya kak? dan untuk 2016 masih buka tidak kak? makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya

      cek disini buat S1 tahun 2017
      http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardArticle.do

      Delete
  43. untuk dokumen aplikasi no 1 sampai 2 itu gimana ya maksudnya
    saya masih belom paham
    terima kasih

    ReplyDelete
  44. untuk dokumen aplikasi no 1 sampai 2 itu bagaimana ya
    saya belum paham
    terima kasih

    ReplyDelete
  45. Pak Joseph, saya ingin bertanya. Kalau untuk GPA dan CGPA itu bagaimana cara menghitungnya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya

      bisa dilihat kok , ada tabel konversinya

      Delete
  46. Kak, kan secara perhitungan pendaftaran kgsp itu bulan-bulan sept oktober gitu ya, dan mungkin bulan-bulan itu udah mulai jadwal kuliah di universitas di indo. Kalo misal untuk surat rekomendasi itu dibuat dari beberapa bulan sebelumnya apa boleh kak? Supaya menghindari kalang kabut seandainya nanti dapat universitas di luar kota (buat legalisir dll). Lalu untuk sertifikat penghargaan, yang dimasukkan sertifikat asli atau copy-annya saja? Dan maksud dari "dokumen asli" itu hanya dokumen yang di translete saja atau ada lagi? Sekian pertanyaan saya kak, makasih dan semoga berkenan menjawab 🙏🙏.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya



      kebrtulan udah buka nih
      http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardArticle.do

      format surat rekomendasi harus update gak bisa pake format yang sebelumnya

      dokumen original = kopi + legalisir
      dokumen copy = (kopi + legalisir) di foto kopi

      Delete
  47. Deadline tahun ini dilihat dimana ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buka disni
      http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardArticle.do

      Delete
  48. Deadline tahun ini dilihat dimana ya kak?

    ReplyDelete
  49. terimakasih banyak infonya joseph, saya semakin tertarik dengan program KGSP ini. Saya ingin bertanya, apakah ada program S1 dari lulusan D3 di KGSP ini? terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya

      pendaftaran KGSP sudah dibuka
      http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardArticle.do

      dan pendaftar HARUS melampirkan ijazah SMA nya untuk mengukitinya, bukan Diploma

      Delete
  50. permisi mau tanya, apply beasiswa ini butuh sertifikat pengalaman organisasi gak ??

    ReplyDelete
  51. Kak salam kenal,saya mau daftar kgsp buat tahun ini,y g dimaksud dengan record D2 visa gmana ya kak? Itu buat pembuatan visa atau gmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya

      kalo d2 visa nanti saja itu gampang kok kalo sudah dinyatakan lolos ^^

      Delete
  52. Untuk sertifikat penghargaan, apakah kalau tidak punya sertifikat penghargaan itu memperkecil kemungkinan mendapat beasiswa kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya

      relatif sih itu tergantung dari dokumen yang di submit

      Delete
  53. Tes TOEFL itu wajib nggak kak ? Kalau sertifikat bhs korea gitu apa masih perlu tes TOEFL?

    ReplyDelete
  54. Halo mau nanya, kalo baru daftar tapi lulusan tahun sebelomnya bisa ga ya? Kebetulan saya juga belom sempat kuliah.. dan kalo seperti itu bagaimana dengan surat keterangan/rekomendasi dari sekolahnya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya

      silahkan daftar dan rekomendasi bisa diminta dari asal sekolah sebelumnya kok

      Delete
  55. malam mas joseph...
    saya mau tanya mas,bagaimanakah persyàratan untuk pascasrjana kgsp?slain tips d atas untuk mdptkan beasiswa ķgsp apakah hrus mlkukan pendftran tlbih dahulu ke univ.tujuan atau ktika melamar beasiswa kgsp mencantumkan univ tujuan?kemudian, kemanakah pengriman berkas itu d tujukan?kelengkapan pasport dan visa menjadi penentu jg untuk lolos kgsp?ataukah bs dsusulkan stlh dnyatakan lulus? mohon bantuan penjelasannya trimkasih atas jawabanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya

      persyaratannya sudah saya terangkan ^^
      pendaftaran cuma ada 2 cara yaitu mengirim aplikasinya ke kedutaan korea atau langsung dikirim melalui pos ke kampus tujuan
      aplikasi yang dikirim ke kedutaan menuliskan 3 pilihan kampus, jadi gak perlu daftar dulu

      kelengkapan paspor dan visa sepertinya tidak menjadi penentu

      Delete
  56. malam mas joseph...
    saya mau tanya mas,bagaimanakah persyàratan untuk pascasrjana kgsp?slain tips d atas untuk mdptkan beasiswa ķgsp apakah hrus mlkukan pendftran tlbih dahulu ke univ.tujuan atau ktika melamar beasiswa kgsp mencantumkan univ tujuan?kemudian, kemanakah pengriman berkas itu d tujukan?kelengkapan pasport dan visa menjadi penentu jg untuk lolos kgsp?ataukah bs dsusulkan stlh dnyatakan lulus? mohon bantuan penjelasannya trimkasih atas jawabanya...

    ReplyDelete
  57. Kalo ga punya sertifikat tapi bisa bhsa inggris dan korea ada kemungkinan lolos seleksi berkas ga ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kalau proses interview bisa lolos, tapi kalau tesnya screening dokumen sepertinya ......... ^^

      Delete
  58. hii kak, ini syaratny berlaku juga untuk beasiswa s2 kah? thank you

    ReplyDelete
  59. tapi kalo misalkan bisa bahasa korea dan tidak bisa bahasa english apakah wawancara akan dilakukan dengan bahasa korea

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kemungkinan akan disesuaikan dengan skill yang dimiliki

      Delete
  60. kak mau tanya, sebelumnya apakah ada kandidat master yang lolos tapi jurusan yang dipilih tidak sama dengan jurusan sewaktu kuliah s1? mohon pencerahannya kak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa bales, saya bantu jawab ya ^^
      kebetulan saya sudah enggak pegang KGSP tapi saya coba jawab ya

      ada, yang penting itu tanggung jawab calon penerima kgsp kira2 bisa gak ambil beda jurusan, kan nanti pun ada pinalti nya

      Delete
  61. Kak, mau tanya kalau untuk lulusan tahun ini kapan pendaftarannya? Terus kalau pendaftarannya sblm kami dpt ijazah, bahkan mungkin belum UN, nilai apa yg di pakai? Terus untuk mata kuliah yang diberi beasiswa ini apa saja ya?? Tolong sekali di reply ya kaak 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dibaca disini, sudah buka kok

      http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardList.do?bbsId=BBSMSTR_000000000461

      bantu share ya

      Delete
  62. Kak untuk lulusan tahun 2017 nanti pendaftarannya kapan ya? Kalau pendaftarannya sblm dpt ijazah, mungkin bahkan belum UN, nilai apa yg dilampirkan? Terus mata kuliah yang diberi beasiswa ini apa saja ya?

    ReplyDelete
  63. Halo, kak, aku mau tanya terjemahan dokumenya itu dalam bahasa inggris atau korea ya? lalu dimana ya saya bisa terjemahkannya?

    ReplyDelete
  64. Untuk lulusan SMA yang mau lanjutin ke jenjang kuliah bisa kan?

    ReplyDelete
  65. Untuk yang baru Lulus SMA bisa kan? Jadi mau lanjutin studi dikorea gitu. Apa harus sudah s1 dulu disini baru lanjutin s2 disana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kamu mau ambil program s1 atau s2?

      Delete
  66. Kalo untuk yang baru lulus SMA bisa ngga? Apa hanya untuk yang sudah s1?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini sudah buka untuk program S1
      http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardList.do?bbsId=BBSMSTR_000000000461

      share ya

      Delete
  67. Kalo kuotanya per tahun biasanya berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuota pertahun tidak pasti tergantung dari comittee

      Delete
  68. Mohon bantuannya, kak

    1. Di formulir pendaftaran yang bagian C.G.P.A itu yang mengisi guru? Guru saya malah ngga tau apa itu C.G.P.A -__-

    2. Ada 6 semester di rapor, kalo yg diterjemahkan hanya semester genap boleh ngga ya? Karena biayanya cukup mahal. Jadi nanti saya kirim 6 semester dengan translate.nya 3 lembar.

    3. Aku sudah buat personal statement, tapi kok rasanya saya malah curhat. Berkenan untuk membacanya tidak? Apa yg saya buat itu bisa disebut personal statement. Tidak juga tidak apa ^^"

    Postingan ini cukup membantu. Apalagi setelah baca komen-reply.nya
    Terima kasih, kak. Sangat berguna 👍👍

    Ditunggu jawabannya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. semua isian diisi oleh pelamar, kecuali surat rekomendasi
      2. silahkan
      3. hhhe nanti akan dibaca kok, gpp

      Delete
  69. Kak mau tanya yaa..
    1. Kalau KK dan KTP di fotokopi perlu di legalisir notaris?
    2. Kalau ijazah yg sudah di terjemahkan dan difotokopi perlu di legalisir notaris lagi tidak kak?

    Karena saya bingung legalisir fotokopi mahal.. jadi kalau bisa KK + KTP di translate lalu di fotokopi begitu saja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bantu jawab

      1. perlu
      2. ijazah perlu ada legalisasinya

      Delete
  70. Terimakasih kak atas postingan di blog-nya, sangat bermanfaat. Kak aku mau tanya, ada usia maksimal ga dalam mengikuti program beasiswa ini? lalu untuk syarat penerimaan, apa yang dilihat dari nilai hasil ujian nasional? Bagaimana jika bisa berbahasa korea namun nilainya biasa saja? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bantu jawab ya

      usia jelas ada silahkan di cek lebih lengkapnya di web nya
      syarat penerimaan itu mencakup semuanya termasuk nilai ujian
      kalo bisa bahasa korea pihak panitia melihat sertifikasinya (TOPIK)

      Delete
  71. Selamat malam, Pak Joseph :) Saya bingung nih masalah pengamplopannya hehe minta bantuan jawaban ya. Jadi kan nanti ada 1 amplop dokumen original dan 3 amplop dokumen copy, lalu 4 amplop itu dimasukkan lagi ke 1 amplop besar atau bagaimana?

    ReplyDelete
  72. Selamat malam, Pak Joseph :) Saya masih bingung nih dengan pengamplopan dokumennya, mohon bantu jawab ya. Jadi kan ada 1 amplop berisi dokumen original dan 3 amplop berisi dokumen copy-an, lalu 4 amplop ini dimasukkan lagi ke dalam 1 amplop atau bagaimana?

    ReplyDelete
  73. kak mau nanya, sertifikat harus di terjemahkan ke dalam bahasa inggris juga kah?

    ReplyDelete
  74. kak, sertifikat yang dimiliki harus diterjemahkan ke dalam bahasa inggris juga kah?

    ReplyDelete
  75. Kak semua dokumen perlu difotocopy atau surat rekomendasinya saja?
    TOPIK itu wajib, TOEFL itu optional, atau dua2nya optional?
    Jurusan apa yang lebih besar kemungkinan diterimanya kak? ada batas jurusan nggak yang ditawarin buat kgsp, atau nyaris semua jurusan ada?
    pendaftarannya kan sudah dibuka sekarang kak, tp kalo saya baru un nya maret nanti, berarti saya harus nunggu setahun lg baru bisa daftar kak? atau bisa daftar sekarang ijazah nyusul? tulisannya di web "scheduled to graduate"..
    sertifikat penghargaan itu bisa dalam bentuk apa saja ya kak? apakah sertifika keikutsertaan dalam suatu acara bisa disertakan.... terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dokumen original di kopi jadi 3 rangkap
      total jadi 4 rangkap

      topik dan toefl optional tapi cukup berguna
      kalo jurusan yang banyak di terima itu relatif
      sebaikna daftarnya kalo sudah punya ijazah saja
      sertifikat apa saja yang berhubungan dengan akademis

      Delete
  76. kak mau tanya soal surat rekomendasi. kan di situ harus di masukin ke dalam amplop khusus. nah itu yang asli sama fotokopi dalam satu amplop kan? terus kalo misal surat rekomendasinya dari guru SMP & SMA apakah capnya pake cap SMP dan SMA? thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amplop terpisah saja masing2 rangkap (ori + copy separated)
      cap dari institusi yang memberikan rekomendasi

      Delete
  77. Kak mau nanya dong, aku kan lulusan d3 sastra korea dan belum 25 tahun. Bisa gak ikut kgsp? Trus kalo bisa yg di lampirkan itu transkrip waktu kuliah atau sma? Trus kalo dari d3,seandainya lulus seleksi apakah kuliah nya juga 5 tahun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba liat di formulirnya itu ada kok persyaratan usia
      semua peserta KGSP undergraduate melampirkan school record dari SMU

      Delete
  78. Kak mau nanya dong, aku kan lulusan d3 sastra korea dan belum 25 tahun. Bisa gak ikut kgsp? Trus kalo bisa yg di lampirkan itu transkrip waktu kuliah atau sma? Trus kalo dari d3,seandainya lulus seleksi apakah kuliah nya juga 5 tahun?

    ReplyDelete
  79. kak saya mau nanya, saya sedang kuliah di UGM D3 bahasa inggris, surat rekomendasi saya itu dari kepala sekolah di SMA dan dari ketua jurusan bhs inggris saya di kampus. soalnya kalo minta rekomendasi dari guru SMA, kata sekolah gak bisa untuk di kasih stempel, krn stempel hanya dari kepala sekolah. itu boleh gak kak minta rekomendasi dr ketua jurusan kampus? atau hrs dr guru meskipun gak ada stempel?

    ReplyDelete
  80. Kak mau nanya dong, aku kan lulusan d3 sastra korea dan belum 25 tahun. Bisa gak ikut kgsp? Trus kalo bisa yg di lampirkan itu transkrip waktu kuliah atau sma? Trus kalo dari d3,seandainya lulus seleksi apakah kuliah nya juga 5 tahun?

    ReplyDelete
  81. halo kak terima kasih atas infonya sangat membantu, oh iya berkaitan dengan salah satu syarat kgsp yaitu dokumen yg dikirimkan harus diberi label dan nomor mau tanya itu nomor sm labelnya cara pemberiannya gimana ya? Baiknya diprint atau ditulis tangan? Gimana dengan pelabelan dokumen yg darisananya seperti ijazah atau akta kelahiran yg tidak bs diubah? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelabelan panitia yang menanganinya
      sebaiknya di print

      Delete
  82. halo kak joseph, sekarang kan saya sudah kelas 3 sma jadi saya sangat berharap bisa mendapat beasiswa ke korea karn asaya ingin mendapatkan pengalaman yang baru disana, jadi apa yang perlu saya persiapkan mulai sekarang agar bisa mendapatkan beasiswa ke korea?terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, saya doakan bisa lolos KGSP
      sebaiknya persiapkan dari sekarang untuk TOPIK dan TOEFLnya poin ini cukup "berguna"
      dan ikuti saran yang sudah saya berikan, sukses ya ^^

      Delete
  83. kak, saya mau tanya. Apakah ada jurusan tertentu yang jd prioritas beasiswa KGSP ketika menyeleksi applicants? soalnya beberapa teman saya, dan juga di blog2 awardee kgsp rata2 mereka keterima di jurusan bahasa korea. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada yang spesifik harus jurusan apa
      semuanya relatif tergantung nilai dan lain2nya
      banyakin doa ya ^^

      Delete
  84. selamat siang kak,
    saya ingin bertanya untuk proses penterjemahan dokumen apakah harus di penterjemah tersumpah atau bisa di diterjemahkan di balai bahasa saja?
    terimakasih.

    ReplyDelete
  85. Kalau untuk sertifikat penghargaan itu kan di dalam persyaratannya tidak ada, kalau dicantumkan nanti urutannya di sebelah mana ya? Soalnya dari form nya itu kan sudah dikasih urutan dokumennya sedangkan sertifikat penghargaan tidak dicantumkan disitu

    ReplyDelete
  86. Kak, do list required documents kn sertifikat gk disebutkn? Jdi gpp ya kalo kita lampirkn juga? Trus untk sertifikat letaknya d urutan ke berapa? Makash

    ReplyDelete
  87. Kak, do list required documents kn sertifikat gk disebutkn? Jdi gpp ya kalo kita lampirkn juga? Trus untk sertifikat letaknya d urutan ke berapa? Makash

    ReplyDelete
  88. jadi kalau mau study kekorea itu dokumen nya itu kita download trs copy apa kita hrus buat saya msh blm paham dgn dokumen2 yg hrus di isii bisa tolong ksh lihat oe contoh nnya karena msh kurang paham teirmakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ^^
      hehe
      cukup mudah sebetulnya kak untuk mengisinya
      bisa tinggal unduh dan isi

      Delete
  89. jadi kalau mau study kekorea itu dokumen nya itu kita download trs copy apa kita hrus buat saya msh blm paham dgn dokumen2 yg hrus di isii bisa tolong ksh lihat oe contoh nnya karena msh kurang paham teirmakasih

    ReplyDelete
  90. Kak,saya mau tanya . .biasanya penutupannya tanggal berapa oktober yah kak?soalnya bilangnya cuma awal oktober

    ReplyDelete
  91. Kak,biasanya tanggal berakhirnya kapan yah kak?soalnya bilangnya cuma awal oktober

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.